Popular Products

PENYAKIT CACAR

CACAR
Cacar adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang menyebabkan ruam kulit berupa sekumpulan bintik-bintik kecil bergelembung yang berisi air, lepuhan yang berisi cairan maupun keropeng, yang menimbulkan rasa gatal.

CARA PENULARAN
Secara umum, penularan penyakit cacar ini melalui kontak langsung pada gelembung yang pecah, bersin, batuk, pakaian yang tercemar.

GEJALA
Gejala awalnya penderita akan merasakan sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, lemah, sakit kepala dan nyeri sendi serta merasa tidak enak badan. Beberapa hari kemudian atau sekitar 24-36 jam kemudian timbullah bintik-bintik merah pada kulit, yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut serta punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.
Kemerahan pada kulit kemudian berubah menjadi lenting / gelembung berisi cairan dengan dinding tipis. Ruam kulit ini akan terasa agak nyeri dan gatal sehingga dapat tergaruk tak sengaja. Jika lenting ini mongering sendiri, maka akan membentuk keropeng, kemudian terlepas sendiri, dan meninggalkan bercak-bercak yang lebih gelap, namun akan hilang sendiri dalam beberapa waktu tanpa meninggalkan bekas. Namun jika lenting cacar ini terpecahkan, keropeng ini akan meninggalkan bekas hitam yang lebih dalam dan sulit untuk menghilangkan bekasnya.

WAKTU KARANTINA
Selama 5 hari setelah ruam muncul dan sampai semua lepuh telah berkeropeng. Selama amsa karantina, penderita sebaiknya tetap mandi, dan saat mengeringkan tidak menggosok dengan handuk terlalu keras. Untuk menghindari gatal, bisa menggunakan bedak talc yang mengandung menthol, atau dikompres dingin.

PENCEGAHAN
Dengan menjaga daya tahan tubuh, dengan memberikan asupan alami seperti minum madu yang dicampur dengan air putih, atau minum air kepala hijau yang kabarnya juga dapat mencegah menyebarnya lenting dan kuma bakteri tersebut.

PENGOBATAN
Sebenarnya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya serangan berulang kepada individu yang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Dokter akan memberikan resep obat untuk diminum dan obat oles untuk bekas luka cacar.

0 pesan:

Posting Komentar

HAPPYCALL DOUBLE PAN DARI KOREA HARGA MURAHH

HAPPYCALL DOUBLE PAN DARI KOREA HARGA MURAHH
Suplyer Happycall Asli